Tunjukkan Komitmen, NE Hadiri Langsung Pengembalian Berkas ke PAN, Nasdem Hingga Demokrat

Tunjukkan Komitmen, NE Hadiri Langsung Pengembalian Berkas ke PAN, Nasdem Hingga Demokrat

KALIANDA - Kandidat petahana Bupati Lampung Selatan, Hi Nanang Ermanto (NE) kembali tunjukkan komitmennya dalam kontestasi Pilkada 2024. Didampingi perwakilan 17 PAC, badan partai, sayap partai dan sejumlah simpatisan, suami dari Bunda Winarni itu hadir langsung dalam proses pengembalian berkas pendaftaran sebagai bakal calon bupati Lampung Selatan ke tiga partai politik (Parpol). Masing-masing 3 parpol itu yakni, PAN, Nasdem dan Demokrat, Minggu 5 Mei 2024.

Start pertama, sekitar pukul 09.23 wib, rombongan tim incumben itu tampak sambangi kantor partai berlambang Matahari terbit itu di jalan lintas Sumatera, Sebayak Kalianda. Tim NE  disambut langsung oleh Ketua DPD PAN Lamsel, Roslina dan ketua komisi 2 DPRD Lamsel, Eddy Waluyo.

"Baik pak Nanang, disini saya bersama pak Eddy Waluyo dan ini sekretaris penjaringan, sedangkan kawan-kawan pengurus lain masih dalam perjalanan, maklum hari Minggu. Kalau pak Agus Satorno (wakil ketua I DPRD), berhalangan hadir karena masih cidera kakinya," ujar Roslina dalam kesempatan itu.

Menariknya, setelah dilakukan penyerahan berkas pendaftaran secara simbolis oleh LO NE ke panitia, Roslina yang pernah menjabat wakil ketua I DPRD Lamsel periode 2014-2019 itu, sempat meminta kesediaan dan berlanjut mengenakan secara langsung rompi partai warna biru yang bertuliskan DPD PAN Lampung Selatan, kepada bakal calon bupati Lamsel, Nanang Ermanto.

"Izin pak Nanang, kesediaannya agar mengenakan rompi DPD PAN Lampung Selatan, sebagai simbol penghormatan, penghargaan dan kebersamaan PAN dan PDIP,  yang merupakan satu keluarga besar," imbuhnya seraya mengungkapkan beberapa catatan sejarah gemilangnya koalisi PAN-PDIP pada pilkada 2015 silam.

Bertolak dari PAN, rombongan berlanjut ke DPD Partai Nasdem. Di kantor partai besutan Surya Paloh itu, rombongan tim NE disambut langsung oleh Ketua DPD Partai Nasdem, Miftahul Bahri, caleg Nasdem terpilih dapil 3 Lamsel, Polman Sinaga dan sejumlah pengurus Nasdem lainnya.

"Selamat datang di kantor DPD Nasdem Lampung Selatan, mohon maklum kalau kondisi kantornya seperti ini. Disini saya menyambut kawan-kawan didampingi beberapa pengurus Nasdem," ujar Miftahul Bahri seraya mempersilahkan tim LO NE menyerahkan berkas pendaftaran ke bagian lantai 2 kantor.

Sebagai pamungkas, sekitar pukul 12.30 wib rombongan secara konvoi dengan sejumlah kendaraan itu berlanjut ke sekretariat DPC Partai Demokrat Lamsel di jalinsum Desa Kedaton Kecamatan Kalianda. Rombongan disambut langsung oleh Ketua DPC partai Demokrat, M.Junaidi, wakil ketua Demokrat Jenghis Khan Haikal beserta sejumlah pengurus Demokrat lainnya.

Ketua DPC Partai Demokrat, M.Junaidi dalam sambutannya mengungkapkan permohonan maafnya karena formasi pengurus Demokrat yang hadir kurang lengkap. Dikatakannya, hal itu dikarenakan informasi perubahan jadwal pengembalian berkas yang sebelumnya direncanakan Selasa 7 Mei, tapi dimajukan Minggu 5 Mei.

Lebih lanjut, M. Junaidi mengungkapkan mekanisme penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Partai Demokrat beserta sejumlah persyaratan khusus yang umumnya berlaku juga di partai-partai lainnya. 

"Mekanisme penjaringan di Demokrat umumnya berlaku juga di setiap partai, seperti kelengkapan administrasi dan juga hal-hal khusus, seperti elektabilitas bakal calon dan juga kapabilitas. Untuk elektabilitas sendiri, bakal ada sekitar 8 lembaga survey yang melakukan survey terhadap para kandidat," tutur Caleg DPRD Provinsi Lampung terpilih ini.

"Sebagai informasi yang tak kalah penting, bahwa kedepannya, DPD partai Demokrat Lampung bakal menggelar pertemuan dengan para kandidat bakal calon yang mendaftar di Demokrat di seluruh kabupaten dan kota, termasuk kandidat bakal calon Gubernur Lampung. Besar harapan kami sekiranya Mas Nanang beserta istri dapat hadir, yang tentunya akan menjadi nilai tambah untuk dapat diusung oleh Demokrat," pungkas M. Junaidi.

(*)